Cara Memasak Sourdough – Panduan Pemula Langkah demi Langkah

Cara Memasak Sourdough – Panduan Pemula Langkah demi Langkah

15 Februari, 2022

 

Penghuni pertama buatan sendiri tidak mudah, tapi itu salah satu hal yang paling berharga yang pernah saya masak. Dibutuhkan beberapa waktu untuk mempersiapkannya, tetapi kami masih memiliki banyak saat ini, dan itu sebenarnya bergantung pada beberapa langkah yang cukup sederhana. Ketika semuanya menyatu, hasil akhirnya enak, memuaskan, dan mudah diulang.

Posting ini untuk Anda jika Anda benar-benar baru dalam membuat roti; itu akan memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk membuat penghuni pertama yang baik sejak percobaan pertama. Ingatlah untuk bersenang-senang juga. Adonan tidak pernah sepadan dengan stres.

Selain menjelaskan langkah-langkah spesifik yang terlibat di sini, saya akan membahas area yang saya perjuangkan saat membuat penghuni pertama saya. Beberapa ilmu di balik uji coba juga akan “diangkat” di postingan ini. Anda tidak hanya akan meninggalkan pembuat roti yang lebih baik di sini, tetapi juga orang yang lebih pintar.

Bagian satu: ragi ibu


Roti beragi alami didasarkan pada apa yang disebut “pembuka”. Ini adalah massa tepung dan air yang memfermentasi, kadang-kadang diresapi dengan susu untuk memicu bakteri baik. Proses fermentasi menghasilkan ragi alami. Inilah yang membuat roti memiliki ragi dan rasa asam yang khas. Dibutuhkan seminggu untuk membuat makanan pembuka Anda, tetapi setelah selesai, Anda dapat menyimpannya selamanya.


Pemula penghuni pertama menjadi lebih baik saat Anda menyimpannya, beberapa benar-benar berumur puluhan tahun. Saya memulai hidangan pembuka saya dengan resep bbc ini. Premisnya sederhana, mulai dengan susu, tepung dan air, lalu isi ulang setiap hari dengan dua yang terakhir. Seiring waktu, fermentasi mengembangkan rasa. Ada jumlah tertentu dalam resep di atas, tetapi seperti yang akan saya bahas nanti, saya tidak berpikir itu adalah ilmu pasti. Jika bau ragi dan penuh gelembung, Anda berada di jalur yang benar.


Seperti bayi yang aneh dan bergelembung, setelah selesai, penghuni pertama Anda akan membutuhkan perawatan. Karena penghuni pertama yang dihasilkan selama fermentasi masih hidup, perlu diberi makan untuk bertahan hidup. Rahasianya adalah memahami bagaimana suhu berperan. Jika Anda berencana untuk menggunakannya setiap hari, simpan pada suhu kamar dan beri makan setiap hari. Kalau tidak, di lemari es hanya perlu diberi makan setiap 3-5 hari. Fermentasi yang lebih lambat berarti rasa yang lebih kuat dan Anda juga dapat membiarkan roti mengembang di lemari es untuk meningkatkan efek ini.

Baca Juga:  Resep Saus Pappardelle Creamy, Cheesy, Mudah

Setelah proses starter BBC selesai, jangan terlalu stres tentang berapa banyak memberinya makan setiap hari. Dari pengalaman saya – dan membaca pengalaman orang lain secara online – itu tidak terlalu penting. Sekitar 2 bagian makanan pembuka yang ada, satu bagian tepung dan satu bagian air. Mereka sulit untuk dibunuh. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah jika ada banyak cairan pada mereka atau jika mereka benar-benar berbusa. Ini adalah tanda bahwa makanan pembuka Anda perlu diberi makan.


Bagian 2: Uleni dan angkat

Sekarang kita bisa membuat roti. Tip pertama saya adalah bahwa persiapan adalah kuncinya. Lebih mudah membuat potongan-potongan kecil dan bobs sebelum lengket dan terlapisi adonan.

Olesi mangkuk besar untuk membiarkan adonan naik dan sisihkan, bersama dengan beberapa cling film yang dilumuri minyak untuk diletakkan di atasnya. Juga, taburi permukaan dengan murah hati dan atur lagi dalam tumpukan ke samping untuk memanggil jika semuanya terlalu lengket.


Sekarang saatnya untuk mencampur bahan-bahan Anda. Dalam mangkuk besar lainnya, tambahkan 250 g tepung, 150 g penghuni pertama, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gula merah, dan 125 ml air hangat. Ini akan membuat roti kecil.

Lebih mudah untuk menguleni sepotong kecil adonan, jadi pertama kali saya sarankan untuk tetap pada jumlah ini.


Setelah Anda mencampur sebanyak mungkin, pindahkan campuran ke permukaan tepung dan mulailah menguleni.

Ini adalah bagian yang penting. Apa yang Anda coba lakukan pada dasarnya adalah mengaduk adonan agar tunduk, yang menghidupkan kembali ragi dan memulai proses ragi.



Anda akan tahu bahwa adonan Anda sudah siap saat melewati “uji kaca jendela”. Ini harus membunyikan lonceng jika Anda adalah penggemar Bake Off.

Tesnya adalah apakah Anda dapat melihat cahaya melaluinya saat Anda memegangnya di dekat jendela. Plus, seharusnya tidak robek saat Anda melakukan ini. Jika adonan Anda gagal dalam tes ini, uleni lagi, lalu coba lagi. Ini pekerjaan yang sulit tetapi penting, seperti pertanian.


Jika adonan sudah benar-benar tercampur, segera tuang ke dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak, tempelkan cling film dan letakkan di tempat yang hangat minimal 2,5 jam, siap jika sudah 1,5 x 2 kali ukuran awal. Anda akan melihat dari foto berikutnya bahwa saya melanggar aturan saya di sini dan membuktikan hal ini. Masalah dengan ragi yang berlebihan adalah bahwa adonan memercik selama memanggang dan tidak mengembang dengan baik di oven setelahnya.


Bagian 3: Rise & Bake kedua

Sekarang saatnya untuk mengaturnya untuk percobaan kedua. Kali ini Anda akan memasukkannya ke dalam mangkuk yang dilapisi dengan kain yang sangat ditaburi tepung. Ini mencegahnya lengket (sangat umum: gunakan banyak tepung). Siapkan sebelum mengeluarkan roti dari ragi pertama.


Dengan mangkuk serbet yang sudah ditaburi tepung, balikkan adonan dengan lembut ke permukaan lain yang sudah ditaburi tepung. Ini akan penuh dengan gelembung, jadi ratakan sedikit untuk melepaskannya.

Kemudian, gulung adonan yang sudah dipipihkan menjadi bola dan gulingkan ke tepung. Akan ada “jahitan” yang jelas di mana Anda menggulungnya.



Ketika roti sudah mengembang sempurna, saatnya bersiap-siap untuk memanggangnya. Seperti segala sesuatu dengan penghuni pertama, ini juga melibatkan sedikit omong kosong. Tambahkan panci berisi air ke bagian bawah oven dan panaskan hingga sekitar 200 derajat (berventilasi). Yang tersisa hanyalah membalikkan adonan dengan hati-hati di atas loyang yang diminyaki, masukkan beberapa irisan di atasnya, lalu cepat-cepat pindahkan ke oven.


Masak selama 30-40 menit.

Itu dilakukan ketika terdengar hampa saat disentuh dari bawah. Selamat bersenang-senang!

ARTIKEL TERKAIT
4 inovasi makanan yang memandu cara kita makan saat ini. Apa yang bisa membentuk masa depan kita?
4 inovasi makanan yang memandu cara kita makan saat ini. Apa yang bisa membentuk masa depan kita?

Sejak saya berkecimpung di dunia kuliner, ada banyak sekali tren yang membuat para pecinta kuliner senang terjebak. 2020 melihat ledakan >>> Baca selengkapnya

Sup Ketumbar Labu Vegan Krim
Sup Ketumbar Labu Vegan Krim

  Sup ini sama lezatnya dengan yang sederhana, serta menawarkan krim yang luar biasa yang dapat Anda perjuangkan untuk dicapai >>> Baca selengkapnya

25 Blog Makanan Vegan Teratas dan Terbaik
25 Blog Makanan Vegan Teratas dan Terbaik

Menjadi vegan itu sulit, tetapi ini adalah pilihan diet yang semakin banyak dipilih orang. Entah itu alasan lingkungan, kesehatan atau >>> Baca selengkapnya

Resep Millionaires Gnocchi dengan Saus Merah, Ramuan Ricotta, dan Golden Crispies
Resep Millionaires Gnocchi dengan Saus Merah

Anda akan merasa seperti satu juta dolar makan pangsit jutawan yang lezat ini! Gnocchi yang lembut, ricotta yang dilelehkan dengan >>> Baca selengkapnya

Sup sayuran, terong, dan buncis yang sangat sehat
Sup sayuran, terong, dan buncis

Untuk resep yang tinggi protein, zat besi, vitamin, dan serat, serta rendah lemak dan sepenuhnya vegan, yang satu ini rasanya >>> Baca selengkapnya

Resep Sup Lentil Labu Panggang
Resep Sup Labu Panggang

Saat hari semakin dingin dan malam semakin pendek, sup musim dingin yang hangat bisa sangat menenangkan. Plus, makanan musiman terasa >>> Baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.